Buka jam 08.00 s/d jam 21.00 , Sabtu dan Minggu tetap buka, TELP/SMS.085335482000, pin bbm:572C7877/2B071A42, Email: khairapermatapacitan@gmail.com. TERIMAKASIH...

Sejarah ditemukan Batu Kalsedon Pacitan

Posted by Unknown Jumat, 30 Januari 2015 0 komentar
Pacitan merupakan gudangnya batu akik, banyak batu akik yang telah di hasilkan. tetapi ada batu akik yang sedang boming yang banyak diburu para pecinta batu yaitu BATU AKIK KALSEDON.

Pacitan (ANTARA News) - Seratusan lebih warga di sekitar Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur beramai-ramai berburu batu Kalsedon, jenis batuan mulia untuk perhiasan yang memiliki nilai jual tinggi.
http://khairapermatapacitan.blogspot.com/p/batu-akik-asli-murah-ber-kwalitas-kami.html

Awal mulanya batu akik kalsedon ini berkembang, kegemparan dipicu penemuan batu berwarna kuning bening tersebut oleh salah seorang petani bernama Misgiyanto, di ladang miliknya yang berlokasi di Dusun Krajan.

"Batu Kalsedon seukuran kepalan tangan itu kemudian dipotong menjadi lima bagian dan dijadikan akik. Saat dijual, harganya mencapai Rp2,5 juta," tutur Rusman, salah seorang pemburu batu Kalsedon lainnya.

Harapan warga semakin membuncah setelah mengetahui Misgiyanto kembali menemukan batuan serupa dengan bobot sekitar tiga kilogram dan memiliki nilai jual hingga Rp3,5 juta.

"Sejak itulah warga berbondong-bondong mencari peruntungan serupa," ujar Suwito, warga setempat.

Seperti yang lainnya, Suwito dan Rusman juga berupaya mencari batu tersebut.

Dengan penuh semangat keduanya terus menggali sembari mengarahkan rekannya yang bertugas menggali tanah di sisi ladang berbeda.

Tak hanya siang hari, upaya mencari batu tersebut juga dilakukan warga hingga malam hari.

Bahkan dalam semalam pernah ada sekitar 100-an orang yang menggali di lahan seluas sekitar 250 meter persegi tersebut.

Namun tidak semua memiliki peruntungan laiknya Misgiyanto. Tak jarang mereka bekerja siang-malam namun tak kunjung menemukan batu bahan baku akik tersebut.

Sebagian besar pemburu batu Kalsedon yang masih bertahan sejak melakukan aktivitas penggalian pada pertengahan bulan puasa silam, lantas membentuk kelompok-kelompok.

Setiap kelompok terdiri dari lima sampai delapan orang anggota. Mereka bertugas secara bergilir.

Selain bergantian menggali, sebagian dari mereka mencari posisi batu yang dicurigai jenis kalsedon.

Caranya, yakni dengan menggunakan besi panjang dan menusuk-nusukkannya ke dalam tanah. Jika dirasakan mengenai benda keras, warga mulai menggali.

Hanya saja upaya warga itu tak semulus yang diharapkan, karena ada salah satu pemilik lahan yang tak mengizinkan lahannya dijadikan lokasi pencarian batu.

Tidak semua pemilik lahan keberatan. Ada beberapa yang tetap memberi izin, dengan syarat tanah bekas galian dikembalikan lagi seperti sebelumnya.

sumber: http://www.antaranews.com/
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Sejarah ditemukan Batu Kalsedon Pacitan
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://khairapermatapacitan.blogspot.com/2015/01/sejarah-ditemukan-batu-kalsedon-pacitan.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Temukan Kami di

Link Banner

Template by Batu Akik Pacitan | Copyright of khaira permata pacitan-pusat batu akik pacitan termurah.

Pengiriman





Info Pemesanan

Membuat Toko Online Murah
PIN Bbm : 572C7877 
 SMS Only : 085335482000
WhatApp : 085335482000
Email: khairapermatapacitan@gmail.com
Alamat : Depan Goa Tabuhan - Pacitan - 63553 - Jatim - Indonesia.

Transfer Bank


Norek : 387-10-10-10-816-536
An. OKI DWIANTO

Norek : 171-00-00-831-555
An. OKY DWIANTO

Formulir Kontak Saran

Nama

Email *

Pesan *