Buka jam 08.00 s/d jam 21.00 , Sabtu dan Minggu tetap buka, TELP/SMS.085335482000, pin bbm:572C7877/2B071A42, Email: khairapermatapacitan@gmail.com. TERIMAKASIH...

Mengenal Batu Permata Asli, Batu Sintetis dan Batu Opsidian

Posted by Unknown Selasa, 31 Maret 2015 0 komentar
Banyak Orang Luar sana yang masih belum bisa membedakan antara batu permata asli, batu sintetis dan Batu Opsidian. disini kami jelaskan perbedaan tersebut dengan harapan anda pencinta batu tidak tertipu, yang kami ambil dari beberapa sumber.

1. Batu Permata Asli
untuk mengetahui batu permata asli ada beberapa langkah sederhana yang perlu diketahui diantaranya:
  • Urat Alam Yang Tampak, yaitu ciri-ciri khusus yang tampak pada batu permata misalnya urat seperti sidik jari pada safir atau ruby, penomena yang ada seperti cat eye Alexandrite serta star pada safir atau ruby, gunakan kaca pembesar jika diperlukan. 
  • Kekerasan Batu Permata, Batu permata telah diklarifikasikan berdasarkan kerasnya pada skla mohs. cara pengujiannya dengan hardnes point set pensil atau biasa disebut Jarum uji permata 
  • Berat Jenisnya, Setiap batu permata mempunyai berat jenis, untuk menguji berat jenis batu gunakan timbangan air. Berat Jenis adalah berat batu tersebut dibagi volumenya. 
  • Indeks bias atu pemantulan cahaya, carilah indeks biasnya untuk menuntukan keaslian batu permata, gunakan refraktometer


2. Batu Sintetis 


Banyaknya peredaran batu mulia palsu sebenarnya sudah ada sejak jaman dulu, seiring dengan banyaknya pemburu batu mulia yang kemudian dimanfaatkan oleh orang yang bersifat tamak untuk memanfaatkan pasar batu mulia yang lagi naik daun dan pasarnya masih terbuka lebar, hal ini mungkin bisa dikatakan syah bila orang yang menjual tersebut mengatakan batu tersebut sesuai dengan status batu tersebut. Dan menurut para pakar batu, yang tidak asli itu ada 4 macam :

Batu Masakan, sesuai dengan namanya “batu masakan” berarti batu ini dimasak supaya lebih lebih bagus tampilannya sehingga layak untuk dijual. Cara memasak batu berbeda-beda menyesuasikan jenis batu dan juru masaknya. Bahasa lebih kerennya batu ini di treathment, contoh misanya batu safir agar lebih biru maka batu ini dimasak dengan cara dioven dengan suhu tertentu dan di tambahkan unsur kimia tertent maka akan menjadi lebih biru menyala dan bisa menjadi king safir masakan.

Batu Rekaan, batu jenis ini adalah batu alami yang kemudian direkayasa oleh perajin dengan cara menambalnya untuk memperoleh efek yang diinginkan Sebagai contoh adalah batu zamrud asli yang berwarna hijau pucat, oleh mereka ditambal bagian belakangnya dengan batu sintetis hijau tua. maka simsalabim jadilah batu zamrud siberia yang terkenal dengan harganya yang mahal. Batu safir star yang berwarna putih juga bisa ditambal dengan batu sintetis warna merah atau biru sehingga menjadi blue safir star atau ruby star. ya kalau sudah dipasang di cincin emas pastilah batu tersebut tidak terlihat dan tak kalah menarik dengan yang asli. Orang australia menambal batu opal mereka yang tipis-tipis dengan batuan sejenis quartz sehingga lebih menarik. dan rekayasa produk ini dinamakan doublet atau triplet.

Batu Tiruan, dipasar orang sering menyebut batu ini dengan imitasi atau palsu karena memang benar 100% palsu, kenapa dibilang palsu karena di test denga cara apapun mulai dari kekerasan sampai dengan bahan kimia serta struktur mineralnya bukan sama dengan aslinya misalnya ruby dengan Al2O3-nya maka diganti dengan beling atau porselen. Pedagang dengan tenangnya membohongi pembeli dengan menyebut ini biduri sepah,ini blue safir, akan tetapi yang dijual hanyalah sebuah kaca biasa.

Batu Sintetis, batu sintetis adalah pembuatan batu yang dilakukan bukan dengan mesin, tapi prosesnya mengambil bahan kimia mineral dari batu aslinya, misalnya batu intan atau diamond dengan struktur kimianya C atau karbon, biasanya dengan mesin yang mempunyai suhu 1500 degree celcius dan tekanan 10000 atm dan dengan waktu tertentu maka jadilah sebuah diamond dengan kekerasan 10 scala mohs, structur kimia akan sama yaitu C dan berat jenisnya pun sama yang membedakannya adalah seratnya ( ciri visualnya) dengan memakai kaca pembesar minimal 10 tergantung dengan ukuran batunya. apabila alami seratnya cenderung melengkung dan kemulusannya agak kurang sedangkan sedangkan batu sintetis garis seratnya cenderung lurus-lurus dan tingkat kejernihannya nyaris tanpa cacat. sebagai contoh adalah american star, sebenarnya mereka ingin meniru ruby yang asli namun apabila disandingkan maka starnya pasti berbeda

3. Batu Opsidian 
Batu obsidian sebenarnya bukan batu tambang melainkan sejenis batu lahar yang dimuntahkan dari kawah gunung api. Batu obsidian sebenarnya bukanlah batu atau mineral, melainkan kaca natural yang terbentuk dari hasil pendinginan lahar gunung berapi yang cepat, karena proses pendinginannya terlalu cepat maka jarang terjadi pembentukan kristal di dalamnya, jadi tidak ada struktur kristal di dalam batu obsidian seperti batu mineral lain. Warnanya bening seperti kaca dan warnanya kadang-kadang hitam mulus, merah tua, agak hijau atau abu-abu. Batu ini jarang yang berwarna kuning atau merah putih atau biru. Batu obsidian sering ditemukan dalam keadaan mengkilau mulus walaupun belum dipoles. Batu obsidian terbuat dari 70% silicon dioxide bahkan lebih dan jika tercampur mineral mineral tertentu warnanya akan berubah. Batu obsidian mempunyai nilai keras 5-5.5 berdasarkan daftar keras Mohs dan termasuk batu mulia tanggung.

 Pada zaman batu, batu obsidian adalah batu favorit yang dipakai untuk membuat senjata dan sampai sekarang batu ini masih dijadikan sebagai alat alat bedah. Batu obsidian pertama kali ditemukan oleh obsidius maka dari itu nama batu ini berasal dari namanya. Batu obsidian dapat ditemukan di Jepang, Hawaii, Iceland, Mexico, Hungary, Guatemala, Ecuador, New Mexico dan Arizona.

Kegunaan atau manfaat
Batu obsidian dipercayai memiliki pengaruh-pengaruh antara lain;
1. Menyembuhkan penyakit yang terdapat di area sirkulasi darah.
2. Menghilangkan penyumbatan proses penyembuhan.
3. Meningkatkan kebijaksanaan dan kekuatan.
4. Di Itali, Perancis dan Belanda batu ini dipercayai sebagai jimat pengusir roh jahat yang harus dimiliki di tiap rumah.
5. Orang juga percaya siapa yang pake batu ini akan mempunyai kekuatan gaib dan dirinya akan terlindungi dari penyakit kulit.







semoga artikel ini dapat bermanfaat kepada para pembaca sekalian..
sumber(mbahgoogle.com)












 

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Mengenal Batu Permata Asli, Batu Sintetis dan Batu Opsidian
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://khairapermatapacitan.blogspot.com/2015/03/mengenal-batu-permata-asli-batu.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Temukan Kami di

Link Banner

Template by Batu Akik Pacitan | Copyright of khaira permata pacitan-pusat batu akik pacitan termurah.

Pengiriman





Info Pemesanan

Membuat Toko Online Murah
PIN Bbm : 572C7877 
 SMS Only : 085335482000
WhatApp : 085335482000
Email: khairapermatapacitan@gmail.com
Alamat : Depan Goa Tabuhan - Pacitan - 63553 - Jatim - Indonesia.

Transfer Bank


Norek : 387-10-10-10-816-536
An. OKI DWIANTO

Norek : 171-00-00-831-555
An. OKY DWIANTO

Formulir Kontak Saran

Nama

Email *

Pesan *